FIELD STUDY KASEPUHAN ADAT CISUNGSANG MENJADI PROGRAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SMAN 1 CIHARA

Minggu, 28 Agustus 2022

SMA Negeri 1 Cihara mengadakan kegiatan Field Study Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yakni dalam bentuk kearifan lokal (local wisdom) dengan mengunjungi Kasepuhan Adat Cisungsang, yang berlokasi di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas X dan juga para guru pendamping dari masing-masing kelas. Kegiatan juga bertepatan dengan kegiatan puncak acara Seren Taun Kasepuhan Cisungsang Tahun 2022.

Proses Diskusi dan Belajar Bersama Kepala SMAN 1 Cihara beserta para Siswa kelas X dengan Tokoh Kasepuhan Adat Cisungsang.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari secara terpisah yakni Senin (22/08/22), Jumat (26/08/22) dan Minggu (28/08/22). Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk upaya dalam menumbuhkan kearifan lokal dalam bingkai kurikulum merdeka sekaligus sebagai bentuk projek untuk menambah pengetahuan dan kecintaan para peserta didik SMAN 1 Cihara terhadap budaya, khususnya yang ada di Kabupaten Lebak.

Keceriaan para Peserta didik Kelas X dalam mengikuti Field Study di Kasepuhan Adat Cisungsang

Perlu diketahui bahwa Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif dan hal ini sesuai dengan Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Dewan Guru dan Para Pendamping SMAN 1 Cihara dalam kegiatan Field Study di Kasepuhan Adat Cisungsang

Kegiatan ini merupakan kegiatan proses pembelajaran berbasis projek yang positif dalam kurikulum merdeka, sehingga output dari kegiatan ini adalah para peserta didik diminta untuk melaksanakan pengamatan (observasi) terkait kasepuhan adat Cisungsang, serta diminta untuk melakukan wawancara terhadap para tokoh ataupun narasumber warga di Kasepuhan Adat Cisungsang. Lalu diminta untuk membuat laporan terkait kegiatan field study di Kasepuhan Adat Cisungsang.

Para Peserta Didik setelah melaksanakan
Kegiatan Wawancara

Dodi Ma’mun Murod, M.Pd selaku Wakasek bagian Humas juga sebagai pendamping dalam kegiatan ini menyampaikan Ahamdulillah, kegiatan field study ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik serta positif, khususnya bagi para peserta didik kelas X untuk dapat mengenal budaya serta melestarikannya di Provinsi Banten, ujarnya.

Penyerahan Plakat dan Piagam dari perwakilan SMAN 1 Cihara yakni Bapak Dodi Ma’mun Murod, M.Pd kepada Abah Usep Suyatma Sr selaku Pimpinan Kasepuhan Adat Cisungsang

Kegiatan field study ini diakhiri dengan pemberian plakat dan piagam yang diwakili oleh Bapak Dodi Ma’mun Murod, M.Pd kepada Abah Usep Suyatma Sr selaku tokoh adat juga pimpinan dari Kasepuhan Adat Cisungsang. H. Jaka, S.Pd, M.Pd selaku Kepala SMAN 1 Cihara juga mengucapkan Alhamdulillah, kegiatan field study kelas X yang dilakukan kurang lebih tiga hari dalam satu minggu, dapat berjalan dengan lancar dan baik, diharapkan kegiatan ini mampu menumbuhkan pengetahuan karakter profil pelajar pancasila pada peserta didik di SMA Negeri 1 Cihara khususnya dalam bingkai kurikulum merdeka.

SMAN 1 Cihara

Maju Bersama, Hebat Semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts