Profil

SMA Negeri 1 Cihara merupakan SMA Negeri yang berada tepatnya di Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. SMA Negeri 1 Cihara didirikan karena animo masyarakat untuk menempuh pendidikan formal yang berkualitas sangat tinggi, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah Kecamatan Cihara. Dalam rangka memberikan pelayanan terhadap masyarakat di daerah Kecamatan Cihara. 

Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak membuka sekolah SMA Negeri 1 Cihara Filial SMA Negeri 1 Malingping dan SMA Negeri 2 Malingping, salah satunya cikal bakal SMA Negeri 1 Cihara sekarang. Pada tahun 2009 SMA Negeri 1 Malingping membuka SMAN Filial di dua kecamatan yaitu Kecamatan Cihara (SMA Negeri 1 Cihara) dan Kecamatan Malingping (SMA Negeri 2 Malingping).

Tahun pertama pendaftaran siswa baru dilaksanakan di SMPN 2 Panggarangan (sekarang SMPN 1 Cihara). Hal ini bertujuan agar siswa lulusan SMPN 1 Cihara bisa langsung masuk ke SMA Negeri 1 Cihara. Tetapi diluar dugaan, ternyata siswa-siswa yang masuk ke SMA Negeri 1 Cihara pada waktu itu, hanya siswa-siswa yang terlambat mendaftar ke sekolah negeri di Malingping dan Panggarangan. Namun demikian awal berdirinya SMA Negeri 1 Cihara tersebut berhasil menampung 2 kelas (±50 orang siswa).

Sejak tahun 2009 sampai tanggal 09 November 2012 status sekolah merupakan kelas jauh (Filial) dari SMA Negeri 1 Malingping di tanggal 09 November 2012 inilah SMA Negeri 1 Cihara Filial SMA Negeri 1 Malingping di SK-kan oleh pemerintah menjadi definitive menjadi SMA Negeri 1 Cihara. Pada waktu itu SMA Negeri 1 Cihara dijabat oleh Bapak Drs. H. Dedeng Sugandi (Kepala SMA Negeri 1 Malingping), beliau bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak berusaha untuk mencari tanah agar lokasi SMA Negeri 1 Cihara bisa berdiri sendiri. Karena lokasi sebelumnya (SMPN 1 Cihara) walaupun statusnya untuk SMA masih tetap digunakan. Berkat perjuangan para pendiri, akhirnya tahun 2010 SMA Negeri 1 Cihara yang berlokasi di SMPN 1 Cihara setahap demi setahap bisa pindah ke Kampung Cipunaga (lokasi sekarang sekolah berdiri), berkat restu dan dukungan pula dari Pemerintah setempat (Bapak Camat Cihara).

Pada tahun 2012 pula terjadi pengangkatan Kepala Sekolah definitif yaitu Bapak Encep Hamdani Inung, S.Pd, lalu digantikan dan dipimpin oleh pelaksana tugas Kepala Sekolah yakni Bapak Drs. Asep Darmamulya, M.Si dari SMAN 1 Bayah, setelah itu terhitung sejak 11 Februari 2020 SMAN 1 Cihara dipimpin oleh pelaksana tugas baru yakni Bapak Cahya Irawan, S.Pd, M.Pd dari SMAN 1 Panggarangan, setelah enam bulan bersama, terjadi pergantian kepemimpinan kembali di SMAN 1 Cihara, dimana SMAN 1 Cihara resmi dipimpin oleh Kepala Sekolah definitif terhitung sejak bulan september tahun 2020 oleh Bapak. H. Jaka, S.Pd, M.Pd dari SMAN 2 Rangkasbitung.

Sejak berdiri tahun 2009 sampai sekarang SMA Negeri 1 Cihara terus berbenah diri agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sehingga tercipta generasi di Kecamatan Cihara, generasi yang cerdas, mandiri, terampil, memiliki daya saing dan berbudi pekerti yang terpuji serta berwawasan lingkungan.

Sudah banyak torehan prestasi akademik dan non akademik yang bisa diraih oleh SMA Negeri 1 Cihara, seperti halnya lolos KSN Tingkat Kabupaten Lebak menuju Provinsi pada tahun 2020, dan berhasil meluluskan siswa terbaiknya dalam mengikuti SNMPTN 2019, 2020 dan 2021 dan semuanya mendapatkan bantuan beasiswa KIP-K dari Pemerintah Pusat selama menjadi mahasiswa, juga siswa SMAN 1 Cihara pernah terpilih mewakili Kabupaten Lebak dalam kegiatan Pramuka Saka Bhayangkara Tingkat Provinsi Banten Tahun 2021 di Kota Cilegon, serta dengan sederet prestasi lainnya.

Semoga semakin berjalannya waktu, SMA Negeri 1 Cihara dapat menjadi pilihan utama khususnya bagi masyarakat Kecamatan Cihara dalam menyekolahkan putra putrinya untuk meraih cita-cita terbaik di masa depan dan juga memberikan kebaikan serta keberkahan kepada masyarakat di Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, hal itu tentu sejalan dengan moto yang selalu didengungkan yakni “SMAN 1 Cihara, Maju Bersama, Hebat Semua”