Sejarah Singkat

Logo Sekolah

S E J A R A H
SMA NEGERI 1 CIHARA

      SMA Negeri 1 Cihara merupakan SMA Negeri yang berada tepatnya di Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. SMA Negeri 1 Cihara didirikan karena animo masyarakat untuk menempuh pendidikan formal yang berkualitas sangat tinggi, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah Kecamatan Cihara. Dalam rangka memberikan pelayanan terhadap masyarakat di daerah Kecamatan Cihara.  Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak membuka sekolah SMA Negeri 1 Cihara Filial SMA Negeri 1 Malingping dan SMA Negeri 2 Malingping, salah satunya cikal bakal SMA Negeri 1 Cihara sekarang. Pada tahun 2009 SMA Negeri 1 Malingping membuka SMAN Filial di dua kecamatan yaitu Kecamatan Cihara (SMA Negeri 1 Cihara) dan Kecamatan Malingping (SMA Negeri 2 Malingping).

     Tahun pertama pendaftaran siswa baru dilaksanakan di SMPN 2 Panggarangan (sekarang SMPN 1 Cihara). Hal ini bertujuan agar siswa lulusan SMPN 1 Cihara bisa langsung masuk ke SMA Negeri 1 Cihara. Tetapi diluar dugaan, ternyata siswa-siswa yang masuk ke SMA Negeri 1 Cihara pada waktu itu, hanya siswa-siswa yang terlambat mendaftar ke sekolah negeri di Malingping dan Panggarangan. Namun demikian awal berdirinya SMA Negeri 1 Cihara tersebut berhasil menampung 2 kelas (±50 orang siswa).

     Sejak tahun 2009 sampai tanggal 09 November 2012 status sekolah merupakan kelas jauh (Filial) dari SMA Negeri 1 Malingping. di tanggal 09 November 2012 inilah SMA Negeri 1 Cihara Filial SMA Negeri 1 Malingping di SK-kan oleh pemerintah menjadi definitif menjadi SMA Negeri 1 Cihara. Pada waktu itu SMA Negeri 1 Cihara dijabat oleh Bapak Drs. H. Dedeng Sugandi (Kepala SMA Negeri 1 Malingping), beliau bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak berusaha untuk mencari tanah agar lokasi SMA Negeri 1 Cihara bisa berdiri sendiri. Karena lokasi sebelumnya (SMPN 1 Cihara) walaupun statusnya untuk SMA masih tetap digunakan. Berkat perjuangan para pendiri, akhirnya tahun 2010 SMA Negeri 1 Cihara yang berlokasi di SMPN 1 Cihara setahap demi setahap bisa pindah ke Kampung Cipunaga (lokasi sekarang sekolah berdiri), berkat restu dan dukungan pula dari Pemerintah setempat (Bapak Camat Cihara).

       Alhamdulillah, berkat doa dan usaha kerja keras bersama, sampai saat ini, berbagai prestasi akademik maupun non akademik sudah mulai ditorehkan, seperti halnya total 15 siswa kelas XII SMAN 1 Cihara berhasil lolos dalam SNMPTN , SBMPTN, SMMPTN, UM-PTKIN serta semuanya dibiayai oleh Beasiswa KIP-K serta Adik (Afirmasi Dikti). Serta prestasi lainnya seperti lolos KSN-K 2021 dan berhak melenggang menuju KSN Tingkat  Provinsi Banten dalam Bidang Kebumian dan Informatika serta Biologi lalu ada Juara 1 FLS2N Tingkat Kabupaten dan Tingkat Provinsi Tahun 2022 pada Bidang Cipta Puisi, dan segelintir prestasi lainnya, ini merupakan bukti dan upaya kongkrit dari seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMAN 1 Cihara, untuk terus membimbing, mengarahkan, mendidik, memfasilitasi peserta didik dalam menghadapi perubahan serta tantangan zaman. 

Sejalan dengan semakin besarnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan, SMAN 1 Cihara semakin kuat menanamkan jati dirinya. Baik dari aspek sarana belajar dan sarana penunjang, tenaga pengajar, staf TU, peserta didik, kurikulum, prestasi dan aspek-aspek lainya, semuanya berkembang mencitrakan diri sebagai sekolah yang siap berkompetisi menuju pencapaian tujuan pendidikan nasional. Adapun daftar nama-nama Kepala Sekolah SMAN 1 Cihara sebagai berikut:

1). Drs. ASEP DARMAMULYA, M.Si (2009 – 2010)

Dari koordinator wakasek, dan sekaligus guru BP/BK (Bimbingan Karir), namun untuk kelancaran adminitrasi beliau di bantu oleh seorang tokoh masyarakat Desa Pondokpanjang sekaligus donatur yaitu H. Widodo, S.Pd, sejalan dengan prestasi kinerja Drs. Asep Darmamulya, M.Si

Alhamdulillah 2010 di panggil oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak dan di angkat oleh Bupati menjadi kepala sekolah di SMAN 1 Sobang, dan beliau di pindahkan tugaskan ke SMAN 1 Cibeber, dan beliau pun sekarang di pindah tugaskan lagi di SMAN 1 Bayah sampai sekarang.

2). ENCEP HAMDANI INUNG, S.Pd (2010 – 2018)

Di tugaskan oleh Kepala SMAN 1 Malingping yakni Bapak Raden Supardan, S.Pd, M.Si, mengingat kekosongan pengelola di SMAN 1 Cihara, beliau merupakan guru yang dianggap mampu oleh kepala sekolah baik dari sumber daya manusianya, maupun tenaganya untuk memperjuangkan SMAN 1 Cihara ini yang perlu banyak pembenahan sampai akhir pensiunnya di SMAN 1 Cihara.

3). Drs. AHMAD BUDI MASHUR, M.Pd (2019)

Di tugaskan oleh Kepala KCD Kabupaten Lebak dari bulan Januari sampai Bulan Februari 2019 selaku Pelaksana Harian (PLH) di lingkungan SMAN 1 Cihara yang juga menjabat sebagai Pengawas Pembina Sekolah.

4). Drs. ASEP DARMAMULYA, M.Si (2019-2020)

Di tugaskan oleh Kepala KCD Kabupaten Lebak selaku Pelaksana Tugas (PLT). Kepala Sekolah di lingkungan SMAN 1 Cihara dari bulan Maret 2019 sampai dengan Januari 2020, beliau juga menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Bayah.

5). CAHYA IRAWAN, M.Pd (2020)

Di tugaskan oleh Kepala KCD Kabupaten Lebak selaku PLT Kepala Sekolah di lingkungan SMAN 1 Cihara dari bulan 4 Februari sampai dengan bulan Agustus 2020 lalu dipindah tugaskan menjadi Plt. Kepala SMAN 1 Banjarsari, sebelumnya beliau bertugas di SMAN 1 Panggarangan, dan sekarang bertugas menjadi Plt. SMAN 2 Malingping (2022).

6). H. JAKA, S.Pd, M.Pd (2020-Sekarang)

Di tugaskan oleh Kepala KCD Kabupaten Lebak selaku Kepala Sekolah definitif di lingkungan SMAN 1 Cihara dari bulan September Tahun 2020 sampai dengan sekarang Bulan November Tahun 2022, sebelumnya beliau menjabat sebagai PLT. Kepala SMAN 2 Rangkasbitung dan pernah merangkap sebagai PLT. Kepala SMAN 1 Malingping sampai dengan akhir Tahun 2021, dan mulai awal Tahun 2022 sampai dengan saat ini beliau merangkap sebagai PLT. Kepala SMAN 1 Cijaku.