Jumat, 25 Maret 2022

Bertempat di Laboratorium Komputer SMAN 1 Cihara, diadakan kegiatan sosialisasi implementasi kurikulum merdeka. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapa H. Jaka, S.Pd, M.Pd (Kepala SMAN 1 Cihara), Drs. H. Budi Ahmad Mashur, M.Pd (Bapak Pengawas Pembina SMAN 1 Cihara) dan seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMAN 1 Cihara.

Sambutan dari Kepala SMAN 1 Cihara

Kepala SMAN 1 Cihara dalam pembukaan dan sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam era saat ini, kurikulum senantiasa mengalami perubahan, terutama saat pra pandemi, pandemi dan pasca pandemi Covid-19, sehingga pemerintah dalam hal ini Kemendikbud mencoba untuk terus menyesuaikan kurikulum dengan zamannya, seperti halnya kurikulum merdeka, dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan akses pendidikan yang lebih baik kepada para peserta didik, ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini diisi oleh pengawas pembina SMAN 1 Cihara, yakni Bapak Drs. H. Budi Ahmad Mashur, M.Pd, dalam kegiatan sosialisasi beliau menyampaikan bahwa kurikulum merdeka menurut BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan, pengertian kurikulum merdeka belajar adalah suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat.

Prosesi Sosialisasi dan Diskusi Implementasi Kurikulum Merdeka

Di sini, para pelajar dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya. Kurikulum atau program Merdeka Belajar ini diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim sebagai bentuk dari tindak evaluasi perbaikan Kurikulum 2013. Sebelumnya, kurikulum ini juga disebut sebagai Kurikulum Prototipe yang merupakan salah satu bagian dari upaya pemerintah untuk mencetak generasi penerus yang lebih kompeten dalam berbagai bidang.

Setelah kegiatan sosialisasi dilaksanakan, diadakan kegiatan diskusi dan penetapan kurikulum yang akan digunakan oleh SMA Negeri 1 Cihara, dan berdasarkan hasil kesepakatan bersama yang dipimpin oleh Kepala SMAN 1 Cihara, SMAN 1 Cihara memutuskan untuk menggunakan kurikulum merdeka dengan perubahan pada tahun pelajaran yang akan datang yakni tahun pelajaran 2022-2023.

Diharapkan dengan adanya penetapan kurikulum merdeka di SMAN 1 Cihara dapat menjadi sarana dalam rangka mencetak generasai penerus bangsa yang lebih berkompeten sesuai minat dan bakatnya masing-masing. Lalu, acara ditutup dengan doa dan salam.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.